Jangan Terjebak Harga Pallet Kayu Murah!

Untuk kebutuhan usaha, pergudangan dan shiping, pallet kayu sangat dibutuhkan. Anda mungkin ingin membeli banyak pallet untuk kebutuhan tersebut. Walaupun butuh banyak, Anda tidak boleh terlalu takut harga yang mahal. Memilih harga pallet kayu yang murah memang terlihat menggiurkan, tapi akan banyak hal yang perlu diperhatikan jika melakukan ini.

Pallet kayu murah di pasaran ada banyak, tapi kebanyakan tidak sesuai standar. Pallet yang tidak teruji bisa membahayakan operasi untuk kargo. Kecelakaan yang bisa terjadi akan merugikan dari segi keamanan para petugas dan juga barang yang akan dipindahkan.

Bayangkan jika sedang memindahkan barang kargo dengan pallet kayu dan tiba – tiba kayu tersebut pecah karena kualitas treatment yang jelek. Hal ini akan lebih sering terjadi untuk pallet harga murah. Agar tidak merugi, pentingkan cari yang sesuai standar. Jika standar terpenuhi, barulah cek harga apakah terjangkau atau tidak.

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Pilih Palet Kayu

Bagi Anda yang tidak ingin terjebak dari segi harga, pastikan menilai pallet kayu dari kualitas-nya terlebih dahulu. Harga adalah nomor dua yang nantinya dipertimbangkan. Jika harga murah tapi kualitas juga murahan, tentu Anda sendiri yang rugi.

Untuk dapat menilai kualitas dari palet kayu, coba perhatikan hal – hal berikut ini dengan seksama:

Pastikan Kualitas Kayu yang Digunakan Baik

Hal pertama yang harus dilihat adalah kualitas kayu. Umumnya jenis kayu yang digunakan untuk pallet adalah kayu keras, kayu triplex dan MDF. Tergantung tipe kayu yang digunakan, kekuatan kayu biasanya akan berbeda. Tiap jenis kayu juga memiliki ukuran kualitas sendiri – sendiri. Contoh saja, untuk bahan kayu keras, pastikan tidak ada cacat pada permukaan kayu dan berat palet terasa signifikan. Jika pada kayu keras ini beratnya tidak terlalu terasa, bisa saja ada rongga di dalamnya.

Lihat Spesifikasi-nya

Standar spesifikasi pallet kayu bisa dilihat dari ukuran. Untuk standar kargo Australia, ukuran adalah 116 x 116 x 14 sampai 17 cm. Untuk Eropa ukurannya 120 x 100 dan 120 x 80 x 14  sampai 17 cm. Untuk Asia, ukuran standar adalah 122 x 102 x 14 sampai 17 cm. Ukuran – ukuran terstandar ini penting agar pallet bisa aman digunakan untuk forklift. Jika tangan forklift tidak cocok dengan ukuran pallet, tentu saja percuma Anda membelinya.

  • Harus Lulus ISPM 15

ISPM adalah standarisasi treatment kayu untuk penggunaan sebagai pallet untuk memastikan keamanannya. Tanpa sertifikasi sudah lulus ISPM, pallet sebenarnya tidak boleh digunakan untuk keperluan industri. Treatment ini mampu mencegah pertumbuhan organisme yang membuat kayu pallet menjadi rapuh.

Hal seperti jamur, serangga, larva dan masih banyak lagi hal lain bisa membuat kayu lapuk, keropos dan tidak tahan lama. Jika sampai saat digunakan kayu retak ataupun lapuk, bisa saja hal ini menyebabkan kecelakaan. Jadi, pastikan dulu pallet yang Anda beli sudah lulus sertifikasi ISPM 15.

  • Memiliki Standarisasi Internasional

Pallet dengan standar ISO tentu akan lebih baik daripada yang tidak punya. Standar ISO adalah bukti bahwa pallet bisa digunakan secara internasional. Level kualitas ini tentu sulit dicari Di Indonesia, masih banyak tempat yang belum memiliki standar ISO untuk produk pallet kayu mereka. Memang, harga pallet kayu dengan standar ISO bisa lebih mahal. Tapi apa salahnya membayar lebih jika standar kualitasnya lebih terjaga dan sudah terbukti?

  • Rekomendasi Tempat Jual Palet Kayu Terbaik

Jika Anda butuh bantuan mencari tempat jual pallet kayu yang baik, silahkan coba IndoPallet. Perusahaan yang berbasis di Bekasi, Bogor dan Surabaya ini sudah memiliki pamor baik soal produknya. Harga yang ditawarkan cukup terjangkau dan memang berkualitas.

Semua pallet kayu yang tersedia di sini sudah lulus uji dan bahkan mendapatkan sertifikasi ISO. Treatment yang digunakan untuk kayu juga ramah lingkungan. Detail produksi ini tentu tidak akan bisa dicapai tanpa teknologi terkini dan staf yang kompeten.

Bagi Anda yang cari harga pallet kayu murah dan berkualitas, pilihan IndoPallet bisa dicoba. Daripada bingung melakukan research pasar yang sulit, coba hubungi penyedia pallet yang satu ini dulu!